Memiliki pekarangan rumah tentu membuat kita ingin menamaninya dengan berbagai tanaman, baik itu tanaman yang menghasilkan buah ataupun tanaman hias yang menghasilkan bunga. Karena dengan begitu pekarangan rumah yang kita miliki akan terlihat indah dan juga sejuk.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyuburkan tanaman yang kita miliki tersebut, mulai dari perawatan yang baik hingga memberinya pupuk secara teratur. Untuk perawatan kita perlu membersihkan gulma yang tumbuh disekitar tanaman serta menyiraminya setiap hari, dan untuk menyuburkannya kita dapat memberinya pupuk secara teratur. Ada banyak sekali pupuk yang banyak dijual di toko pertanian, namun tahukah anda bahwa ternyata air air rebusan ikan dapat kita gunakan sebagai pengganti pupuk yang banyak dijual.

Perlu anda ketahui bahwa ternyata air bekas cucian ikan memiliki kandungan layaknya pupuk organik yang banyak dijual dipasaran, untuk itulah air rebusan ikan ini bisa kita fungsikan sebagai pengganti pupuk organik. Dan ternyata air rebusan ikan ini tidak hanya menyuburkan tanaman saja, tetapi juga dapat menjadikan bunga dan juga buah menjadi lebih lebat dan manis.

Menurut penelitian yang dilakukan, air bekas cucian ikan yang hendak dimasak memiliki kandungan Nitrogen (N), Kalium, dan juga Phospor (P), dimana beberapa kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesuburan suatu tanaman. Untuk itulah apabila tanaman yang rutin disiram dengan air bekas cucian ikan tersebut bisa tumbuh lebih cepat, selain itu tanaman juga akan semakin subur, menjadi lebih kuat tidak mudah layu dan rontok daun, dan cepat berbunga ataupun berbuah.

Dan jika anda ingin mencobanya caranya cukup mudah, pertama siapkan wadah untuk mencuci ikan yang akan dimasak. Setelah itu cuci ikan dengan air bersih pada wadah yang sudah disediakan tadi, nha air bekas cucian ikan inilah yang dapat kita gunakan untuk menyiram tanaman. Tanaman apapun bisa kita siram dengan air ini, entah itu tanaman cabai, rambutan, jambu atau tanaman yang lainnya. Tentunya hal ini perlu kita lakukan secara rutin, dan pastikan ketika memasak ikan, air cuciannya kita gunakan untuk menyiram tanaman.

Air bekas cucian ikan ternyata berguna menyuburkan tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
30 ⁄ 15 =