Lintah merupakan hewan yang kerap dianggap hama dan kerap kali terlihat menggelikan, meskipun begitu banyak orang yang tidak mengetahui jika hewan ini ternyata memiliki segudang manfaat yang berguna di bidang pengobatan. Semua itu dikarenakan lintah memiki beberapa kandungan senyawa yang berguna, sehingga hewan ini kerap dijadikan alat/media untuk terapi yang disebut dengan terapi lintah.

Sebenarnya terapi yang menggunakan lintah sebagai media untuk terapi sudah dikenal sejak dahulu kala, akan tetapi diindinesia sendiri tetapi ini belum banyak yang mengenalnya, dan padahal banyak beberapa penyakit yang bisa diterapi dengan hewan tersebut. Beberapa penyakit yang kerap diterapi dengan lintah adalah penyakit yang berhubungan dengan kulit, karena hewan ini mempunyai kandungan hirudin yang berguna melancarkan serta mencegah penyumbatan pada peredaran darah. Apa saja jenis penyakit tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah yang pernah dialami seseorang, jenis jerawat pun berbeda beda, ada yang biasa dan bahkan ada yang parah dan sulit untuk disembuhkan. Ternyata terapi lintah dapat mengobati jerawat lho. Jika anda salah satu orang yang sedang mengalami masalah jerawat dan tidak kunjung kunjung membaik maka anda perlu mencoba terapi yang satu ini. Pasalnya terapi lintah sangat bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat.

2. Bisul

Selain jerawat bisul juga merupakan penyakit yang dapat diterapi dengan lintah. Bisul adalah masalah pada kulit yang bisa muncul pada area tubuh manapun, entah itu wajah, leher, tabgan, paha, pundak, dan bagian tubuh lainnya. Masalah pada kulit ini ditandai dengan suatu benjolan dengan warna kemerahan dan didalamnya terdapat darah kotor atau nanah.

3. Herpes

Herpes juga merupakan jenis penyakit pada kulit yang bisa diterapi menggunakan lintah. Herpes merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus, sebenarnya masalah pada kulit ini bisa sembuh tanpa diobati namun akan menjadi masalah bila dibiarkan tanpa perawatan. Salah satu cara mempercepat penyembuhan masalah kulit ini bisa diterapi dengan lintah.

4. Sakit gigi

Sakit gigi merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigi berlubang atau gusi bengkak, ada tingkat keparahan ketika sakit gigi. Dan jika anda sudah mencoba berbagai cara untuk mengobati namun tidak kunjung sembuh maka anda dapat mencobanya dengan terapi lintah. Meskipun terlihat menggelikan namun terapi lintah terbukti ampuh dalam mengobati sakit gigi.

Selain ke 4 penyakit atau masalah diatas masih ada jenis penyakit lain yang terbukti bisa diterapi dengan lintah, salah satunya adalah diabetes. Penyakit diabetes yang memaksa akan melakukan pemotongan pada salah satu anggota tubuhnya karena jaringan sarafnya sudah tidak berfungsi ternyata dapat dibantu dengan terapi lintah agar jaringan sistem sarafnya bisa kembali berfungsi sehingga tindakan amputasi tidak jadi dilakukan.

Ketika proses terapi lintah langkah langkahnya hanya dengan menempelkan lintah pada area yang terjadi masalah saja, kemudian lintah dibiarkan menghisap darah pasien hingga benar benar kenyang. Dan setelah selesai biasanya para pasien akan dibekali minyak lintah untuk perawatannya. Itulah beberapa masalah atau penyakit yang bisa diterapi dengan lintah, cukup sekian semoga informasi diatas bermanfaat.

Beberapa penyakit yang dapat diterapi dengan sedot lintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
8 ⁄ 4 =