Kenapa air laut asin sedangkan air hujan tawar?

Pertanyaan dari judul artikel ini pasti pernah terbesit dibenak pikiran anda? Dan jika anda pernah merasakan sendiri rasanya air laut tentu membuat anda semakin penasaran kenapa air laut rasanya asin dan air hujan rasanya tawar, padahal air hujan sendiri merupakan air yang berasal dari laut. Tidak hanya air hujan saja, air sungai danau, ataupun kolam pun juga rasanya tawar, padahal air air tersebut sama sama ada dibumi ini. Kenapa bisa demikian? Inilah alasan kenapa ada perbedaan rasa antara air laut dengan air sungai dan air hujan.

Perlu anda ketahui bahwa Air laut itu berasal dari berbagai sungai yang mengalir dan bermuara kelaut, air sungai sendiri sebenarnya juga berasal dari air hujan. Setalah air sungai bermuara kelaut maka dia akan menguap, setelah menguap akan berkumpul menjadi awan dan akhirnya menjadi hujan. Ketika air hujan ditampung disungai sungai, dia akan mengalir dan membawa garam garam mineral seperti kalium, natrium dan kalsium yang akhirnya berkumpul pada satu titik (laut) dan menyebabkan rasa asin.

Garam-garam mineral yang terdapat pada air sungai tersebut berasal dari batu dan kerak bumi yang setiap hari dilaluinya. Saat bermuara disatu titik yaitu laut maka garam mineral yang terkandung pada air akan tetap tinggal, sedangkan H2O/air akan menguap tanpa membawa garam garam mineral tersebut sehingga berkumpul menjadi awan dan akhirnya menjadi hujan. Inilah alasan kenapa air hujan tidak asin padahal dia berasal dari air laut yang rasanya asin, ya itu semua karena kandungan garam mineral yang ada pada air laut tidak ikut menguap.

Pada intinya air laut asin karena dia memiliki kandungan garam mineral yang didapatkan dari air sungai ketika bermuara kelaut. Ketika air sungai mengalir tersebut dia akan membawa garam mineral yang didapatkan dari bebatuan dan kerak bumi, kemudian berkumpul di satu titik yaitu laut. Dan menguap tanpa membawa kandungan garam mineral sehingga terjadilah hujan. Itulah kenapa air laut dan air hujan berbeda rasa, padahal air hujan dan air laut itu sama. Cukup sekian semoga informasi diatas bermanfaat.

Kenapa air laut asin sedangkan air hujan tawar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
8 + 1 =