Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon mengatakan bahwa keris merupakan warisan nusantara dan bagian dari identitas budaya nasional, sehingga kegiatan pelestarian dan pengembangan harus dijaga.

“Keris diakui oleh warisan budaya dunia yang hebat, ini adalah pengakuan pertama budaya asli Indonesia dan diikuti oleh peresmian batik dan wayang, jadi harus dijaga,” kata Fadli, yang juga menjabat sebagai Presiden Nasional. Persatuan Indonesia (SNKI) saat pembukaan Gedung Rapat Kerja Sama SNKI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/03/2017).

keris pusaka

Dalam sambutannya, Fadli menyediakan kultivasi keratin mulai dari barat sampai timur nusantara. Menurutnya, ini menunjukkan bahwa keris merupakan salah satu warisan budaya yang sangat mengakar dalam tradisi masyarakat Indonesia.

Budaya, lanjutnya, merupakan unsur penting pembentukan karakter, sekaligus identitas yang membedakan masyarakat atau bangsa dari masyarakat atau bangsa lain. Orang tidak memiliki identitas tanpa budaya. “Makanya kita harus melestarikan dan mengembangkan budaya, termasuk keris,” jelasnya.

Apalagi, politisi F-Gerindra mengungkapkan kerisnya sebagai identitas budaya nasional yang telah menjadi bagian dari ekonomi kreatif, terutama pada tingkat diplomasi. Dalam praktik diplomatik kami, keris telah menjadi salah satu cinderamata dalam kegiatan diplomasi negara saat ini.

Sementara itu, Wakil Presiden SNKI mendorong Al-Fitrah Salam SNKI untuk menerobos demi melestarikan keberadaan Keris di UNESCO. Di sisi lain, ia juga berharap agar posisi keris ditempatkan sebagai budaya bangsa, tidak terkait dengan hal mistis.

“Inilah yang harus kita duduki bersama, keris adalah budaya dunia dan warisan tertua, bukan okultisme, dukun atau hal mistis lainnya, sehingga keris tidak disalahpahami oleh generasi muda,” harapnya.

Keris diakui oleh warisan budaya dunia yang hebat, ini adalah pengakuan pertama budaya asli Indonesia dan diikuti oleh peresmian batik dan wayang, jadi harus dijaga,” kata Fadli, yang juga menjabat sebagai Presiden Nasional. Persatuan Indonesia (SNKI) saat pembukaan Gedung Rapat Kerja Sama SNKI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/03/2017).

Sebelumnya, Majelis Rendah, bekerja sama dengan SNKI, menyelenggarakan sebuah pameran keris nasional di Kompleks Parlemen Senayan. Pameran yang berlangsung dari 15-17 Maret 2017 ini bertemakan “Pesona Keris Bali dan Lombok”.

referensi : jual keris pusaka online , olx.co.id

Keris Sebagai Identitas Budaya Nusantara
Tagged on:                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
19 − 17 =