kutu-kayu-serangga-pemakan-kayu-selain-rayapKutu kayu bukanlah serangga tapi termasuk krustasea yang memiliki 14 bagian pada badannya, yang memberi keluwesan untuk bisa meringkuk menjadi bola dalam melindungi dirinya dari bahaya. Ini berarti bahwa hanya kulit terluar dari kutu kayu yang terbuka.

Kutu Kayu ditemukan di tempat-tempat gelap dan basah di hutan-hutan di seluruh dunia. Mereka memakan daun dan bahan tanaman yang membusuk di lantai hutan, yang berarti bahwa binatang ini memainkan peran penting dalam siklus karbon dioksida alami.

Kutu kayu umumnya berukuran sekitar 1 cm tapi banyak spesies di daerah tropis berukuran tiga kali lipat, beberapa bahkan lebih besar. Mereka berumur rata-rata sekitar 2 tahun namun beberapa dari mereka diketahui berumur hingga 4 tahun.

Kutu kayu adalah satu-satunya spesies krustasea yang tinggal di pedalaman dan tidak berair. Diperkirakan ada lebih dari 3.000 spesies kutu kayu yang berbeda di seluruh dunia.

Pada umumnya berwarna abu-abu atau coklat tapi warna dan ukuran yang tepat dari mereka tergantung pada jenis spesies dan area yang dihuni oleh mereka. Binatang ini jga sering ditemukan di hampir setiap lingkungan di dunia selain daerah kutub dan padang pasir yang gersang.

Mereka adalah hewan herbivora dan oleh karena itu hanya memakan bahan tanaman organik. Meskipun demikian, mereka jarang memakan tanaman hidup dan kebanyakan memakan daun dan bahan tanaman yang membusuk di lantai hutan seperti daun busuk, buah-buahan yang jatuh dari pepohonan di atasnya, dan kayu mati. Jadi mereka termasuk serangga pemakan kayu selain rayap.

Karena ukuran kecil dari kutu kayu dan meskipun fakta bahwa mereka dapat mencoba untuk melindungi dirinya sendiri dengan meringkuk menjadi bola, mereka adalah makanan bagi sejumlah hewan di seluruh dunia. Kodok, lipan, laba-laba, kaki seribu dan tawon sesekali adalah pemangsa utama dari kutu kayu.

Sang betina bertelur sekitar 24 butir telur yang disimpannya di dalam kantong induk. Telur mereka akan menetas setelah masa inkubasi hanya beberapa hari saja. Karena fakta bahwa kutu kayu bayi membutuhkan waktu beberapa bulan untuk berkembang sepenuhnya, sang induk seringkali akan tetap dekat dengan anak-anaknya yang kecil sampai mereka menjadi kutu kayu dewasa.

Kutu Kayu, Serangga Pemakan Kayu Selain Rayap
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
28 − 10 =