Hewan avertebrata merupakan sekelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang ditubuhnya. Hewan yang tidak memiliki tulang belakang ini bisa dikatakan hewan yang memiliki keunikan, karena mereka menggerakkan anggota badannya tanpa memiliki tulang sebagai penyangganya. Dan lebih menariknya lagi kelompok dari hewan Avertebrata ini adalah kelompok hewan yang spesiesnya paling banyak menghuni bumi ini, mulai yang hidupnya terbang hingga yang hidupnya didalam tanah.

Perlu anda ketahui bahwa terdapat lebih dari 2 juta spesies hewan Avertebrata yang hidup di bumi ini, dari 2 juta jenis tersebut pasti hanya ada beberapa saja yang sering kita lihat atau kita kenal. Ya karena rata rata mereka hidup jauh dari kita, dan langsung saja berikut beberapa contoh hewan Avertebrata yang sering kita temui.

1. Laba laba

Laba laba merupakan salah satu hewan yang tidak memiliki tulang belakang yang sering kita temui, hewan berjaring ini masuk dalam filum arthropoda. Perlu anda ketahui bahwa diseluruh bumi hampir dihuni oleh hewan dalam filum arthropoda, bayangkan saja hampir lebih dari 80% hewan dibumi ini adalah hewan dalam filum arthropoda. Selain laba laba, capung, kalajengking, udang, dan semua jenis serangga.

2. Lintah

Lintah juga termasuk hewan Avertebrata yang mudah dan sering kita temui, hewan ini masuk dalam filum annelida dan kelas hirudinea yaitu hewan yang memiliki kandungan zat hirudin pada minyak lintah dan juga air liurnya. Selain lintah hewan tak bertulang belakang yang tergabung dalam filum annelida antara lain cacing, Pacet, dan hewan lain yang tubuhnya bergelang-gelang.

3. Bekicot

Bekicot juga merupakan salah satu hewan yang tak bertulang belakang. Hewan kecil ini masuk dalam kategori filum molusca. Hewan bercangkang ini asal mulanya dari Afrika timur, dan saat ini sudah ada di semua negara. Selain bekicot hewan lain yang tak bertulang belakang dan masuk dalam filum molusca antara lain keong, siput laut dan hewan lain yang bercangkang.

Mungkin jika kita membahas mengenai hewan tak bertulang belakang rasanya tidak ada habisnya, pasalnya hewan Avertebrata memiliki sekitar 2000 lebih spesies yang berbeda-beda. Namun diperkirakan masih ada banyak spesies lain yang belum diketemukan dan masuk dalam hewan Avertebrata.

Mengenal hewan avertebrata beserta contoh hewannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
27 − 23 =