Mengenal Jenis – Jenis Roti Yang Banyak Orang Tidak Paham

Roti menjadi makanan populer selain nasi. Hampir setiap orang sudah pernah merasakan makan roti karena sekarang bisa dengan mudah menemukan orang yang menjual roti. Roti sendiri merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan utama seperti tepung terigu, garam, ragi, air yang akan di tambah bahan lain semisal gula, margarin, telur, susu, dan lain – lain. Satu roti dengan yang lain ini yang membedakan adalah pada proses fermentasi dan cara pemanggangannya.

Roti sendiri dapat di klarisifikasikan dalam 2 bagian yan berdasarkan bahan utama adonannya yakni rich dough dan lean dough. Apa itu jenis rich dough? Jenis ini adalah roti yang adonannya menggunakan gula dan margarin dalam jumlah yang banyak sekitar 10% dalam adonannya dengan menghitung dari berat terigu yang di pakai. Sedang kan lean dough adalah kebalikannya yakni adonan roti yang menggunakan gula dan margarin tidak lebih dari 10% dari terigu yang di gunakan.

Ini dia jenis roti yang bisa di katahui banyak orang, karena banyak orang sekarang ini menyamakan semua jenis roti.

1. Roti manis
Jenis roti manis adalah roti yang puya tekstur lembut, empuk dengan ada atau tanpa isian di dalamnya. Biasanya isian yang sering di gunakan adalah coklat, strowberry, blueberry, kacang, nanas, srikaya, juga keju.

2. Roti tawar
Jenis roti tawar memiliki kandungan gula dan lemak di bawah 10% dari terigu yang di gunakan. Roti tawar ini ada 2 jenis yakni roti tawar biasa dan gandum. Untuk roti tawar sendiri secara bentuk ada yang besar dan mini. Roti tawar besar ini banyak kita jumpai di toko – toko bakery, tetapi yang mini terkadang ada juga yang menyediakan tetapi sangat jarang sekali. Kedua jenis roti tawar ini bisa langsung di makan atau lebih enak di tambahkan dengan selai atau keju dan bisa di jadikan sebagai cemilan atau sarapan. Sekarang tidak hanya itu jenis roti ini banyak di pilih dalam menambah menu bisnis kuliner. di toko roti mas edi roti jenis ini di sediakan bagi siapa saja yang membutuhkan.

3. Country Bread
Roti inidi buat terkadang ada yang menambahkan margarin tetapi ada juga yang tidak dalam adonan resepnya. Biasa banyak di konsusmi di negara eropa. Ada 5 bahan utama yang di gunakan yakni tepung, ragi, garam, air dan pengembang roti. Tekstur jenis roti ini biasanya lebih kering dan renyah.

4. Rye Bread
Roti dengan jenis ini memiliki tekstur yang lebih keras yang di buat dengan tepung rye dengan proses fermentasi 12 – 24 jam bahkan bisa sampai berhari – hari dan bisa juga di tambahkan asam di adonannya. Contoh roti yang ada yakni sour dough.

5. Fiber Bread
Jenis roti ini dengan menambahkan biji – bijian pada adoanan yang ada sehingga akan menambahkan serat di dalam rotinya seperti biji bunga matahari, aot, barley. Roti jenis ini masuk dalam kategori roti sehat dan ini sekarang banyak di sukai terutama yang memiliki gaya hidup sehat.

Mengenal Jenis – Jenis Roti Yang Banyak Orang Tidak Paham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
46 ⁄ 23 =