Minyak atsiri merupakan jenis minyak yang berasal dari suatu tanaman, baik itu dari bunga, batang, daun, kulit, ataupun akarnya. Minyak Atsiri mempunyai sifat mudah menguap serta mempunyai konsentrasi yang tinggi. Untuk itulah minyak ini sering digunakan sebagai campuran pembuatan minyak wangi, sebagai pembuatan kosmetik untuk masalah perawatan wajah dan untuk keperluan lainnya.

Salah satu tumbuhan yang memiliki kandungan minyak Atsiri adalah temulawak, yang dapat ditemukan pada rimpangnya. Didalam rimpang temulawak terkandung minyak Atsiri yang didalamnya mempunyai beberapa senyawa, antara lain seskuiterpen, zingibere, acurcumene, 1-sikloisoprenmycene, xanthorrizol, bisakuron, turunan lisabolen, ketonseskuiterpen, a-atlanton, a-turmeron, turmeron, germakron, sineol, monoterpen, dborneol, d-a-phellandrene, d-campheme, serta terkandung xanthorrizol.

Dari kandungan yang ada pada minyak Atsiri tersebut mempunyai sifat menenangkan, maka dari itulah sering kali digunakan untuk campuran bahan pembuatan sebuah produk. Dan berikut beberapa kegunaan minyak atsiri dalam kehidupan sehari hari:

Untuk bahan pembuatan wangi wangian

Manfaat minyak Atsiri yang pertama adalah sebagai bahan pembutan wangi wangian. Tahukah anda bahwa aroma yang dihasilkan dari pewangi ruangan itu didapatkan dari minyak Atsiri. Aroma yang berbeda beda itu tergantung dari tanaman yang diambil minyak atsirinya.

Untuk pembuatan produk perawatan tubuh

Banyak sekali jenis jenis produk yang dijual dengan aroma yang wangi, aroma wangi tersebut dihasilkan dari minyak Atsiri yang digunakan untuk bahan dasar pembuatannya. Salah produk untuk perawatan tubuh yang dibuat dengan bahan alami sehingga kandungan minyak Atsiri yang dihasilkannya akan tercium adalah sabun temulawak. Selain itu masih banyak produk untuk perawatan tubuh yang dibuat dengan campuran minyak Atsiri adalah minyak kayu putih, parfum, dan lain sebagainya.

Untuk pembuatan produk perawatan rambut

Minyak atsiri juga kerap kali dipergunakan sebagai bahan pembuatan produk perawatan rambut. Karena kandungan minyak Atsiri yang didapatkan dari sebuah tanaman dapat menjadikan rambut menjadi lebih sehat dan dan lembut. Selain itu minyak Atsiri yang didapat dari salah satu hasil tumbuhan yaitu kemiri dipercaya dapat mencegah kebotakan.

Bahan pembuatan cream wajah

Beberapa produk cream alami yang banyak beredar Angel dipasaran biasanya menggunakan minyak Atsiri untuk bahan pembuatanya. Salah satunya adalah cream temulawak yang menggunakan ekstrak temulawak sebagai komponen utama pembuatan cream tersebut. Produk kecantikan cream wajah yang menggunakan bahan alami akan sangat aman digunakan berkepanjangan, karena tidak memliki kandungan yang berbahaya.

Itulah beberapa manfaat minyak Atsiri yang sering dimanfaatkan untuk beberapa keperluan dan yang paling sering sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik. Cukup sekian semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Mengenal minyak Atsiri beserta manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
27 − 19 =