wisata jogja

Setiap daerah pastinya memilik hal yang menarik serta unik yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Hal unik tersebut bisa berbentuk bangunan, makanan, atau pasar. Hal yang sama juga ada di Yogyakarta. Di sini akan ditemui juga hal-hal yang unik atau aneh yang akan membuat penasaran banyak orang. Keunikan yang ada di Yoogyakarta salah satunya adalah berupa pasar. Terdapat pasar yang unik dan menarik si daerah ini. Apa saja pasar unik di Yogyakarta?. Berikut penjelasan singkat mengenai pasar dan keunikannya yang akan dibahas dalam artikel ini.

  1. Pasar Senthir

Pasar unik yang pertama adalah Pasar Senthir. Pasar ini merupakan pasar tradisonal yang hanya buka di malam hari. Di sini dijual berbagai barang bekas atau barang loak. Pasar Senthir ini  ada sejak puluhan tahun yang lalu. Awalnya para pedagang hanya mengunakan senthir  sebagai alat penerangan, oleh sebab itu pasar ini dikenal dengan nama Pasar Senthir. Terdapat berbagai macam barang bekas yang dipejual-belikan mulai dari kaca spion, baju bekas,  handphone, sepatu bekas, uang koin kuno, onderdil kendaraan, dan banyak lagi. Pasar ini terletak di Jl. Malioboro tepatnya di selatan Pasar Beringharjo.  Setiap malamnya kawasan ini selalu dipadati oleh pengunjung khususnya di akhir pekan.

  1. Pasar Klitikan

Pasar selanjutnya adalah Pasar Klitikan. Paar ini dapat dikatakan sebagai bentuk modern dari Pasar Senthir. Pasar ini berada  di Jl. HOS Cokroaminoto No. 84, Kuncen, Yogyakarta. Para pedagang dulunya berjualan di sepanjang Jl. Mangkubumi sebelum direlokasi ke lokasinya sekarang. Dulu saat masih di lokasi yang lama, pasar ini identik dengan sebutan pasar maling karena banyak yang percaya barang hasil curian diperjual-belikan disini. Setelah pindah, image itu pun berangsur-angsur hilang karena beraneka ragam barang dijual di pasar ini. Di Pasar Klitikan, pengunjung dapat menemui berbagai macam barang bekas dan barang antik seperti: lampu tradisonal, foto lama, senjata trasional, kamera dan lensa lama, uang kuno, handphone bekas maupun baru, dan masihbanyak lagi. Pasar ini juga dikenal sebagai pusat penjualan onderdil kendaraan bermotor baik bekas maupun baru.

  1. PASTY

PASTY merupakan singkatan dari Pasar Satwa dan Tanaman Hias. Pasar ini adalah satu-satunya pasar hewan dan tanaman di Yogyakarta. Pasar ini dulunya berada di kawasan Ngasem yang dekat dengan Keraton Yogyakarta dan kemudian di pindahkan di JL. Bantul. Seperti namanya, pasar ini menjual berbagai macam hewan dan juga tanaman hias. Hewan diperjualbelikan di pasar ini antara kucing, anjing, burung, ular, hamster, dan lain sebagainya. Di sini juga menyediakan berbagai macam keperluan untuk hewan seperti makanan, kandang serta obat-obatan. PASTY juga digunakan sebagai tempat wisata jogja khususnya bagi wisatawan asing yang mana mereka bisa menikmati suasana yang berbeda saat berada pasar ini.

Demikan penjelasan singkat mengenai pasar-pasar unik di Yogyakarta. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda saat mencari tempat liburan di Jogja yang berbeda

Menjelajahi Pasar-Pasar Unik di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
20 − 2 =