Kota Malang sekarang ini semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik itu dari dalam negeri ataupun luar negeri. Tidak hanya memiliki wisata alam yang sangat indah dan mengagumkan, Malang juga memiliki berbagai mamcam wisata lain seperti taman bermain sampai wisata sejarah. Jika anda bosan mengunjungi air terjun,  pantai dan obyek wisata lainnya, maka cobalah untuk belajar sejarah dengan datang ke beberapa museum yang ada di Kota Malang berikut ini:

  1. Museum Brawijaya

museum brawijaya

Museum Brawijaya mungkin menjadi destinasi wisata legendaris yang ada di Kota Malang. Museum ini sangat mudah untuk diakses para wisatawan karena lokasinya yang berada di tengah kota yakni di kawasan Jalan Ijen. Museum yang sudah dibuka sejak tahun 1968 ini mengoleksi berbagai macam peninggalan masa penjajahan, seperti senjata, meriam, pakaian dinas para pejuang bangsa, peralatan kantor sampai gerbong maut yang merupakan saksi bisu kekejaman Belanda ketika masa penjajahan . Di depan museum ini juga terdapat beberapa tank peninggalan masa penjajahan.

  1. Museum Malang Tempoe Doeloe

Jika anda ingin mengenal sejarah Kota Malang mulai dari zaman pra-sejarah sampai sekarang ini, mungkin Museum Malang Tempoe Doeloe bisa jadi pilihan dalam paket wisata malang anda untuk bisa belajar mengenai sejarah Kota Malang secara lebih dalam. Museum ini terletak di Jalan Gajah Mada no.2 tepat di belakang bangunan Kantor Walikota Malang. Museum Malang tempoe dulu beridiri sejak tahun 2012, yang dibangun oleh Dwi Cahyono. Setiap ruangan di museum ini mengusung tema masing-masing antara lain tema prasejarah, Kerajaan Kanjuruhan, penggalian data arkeologi, Kerajaan Singasari, Mataram kuno, Kerajaan Majapahit, pertapaan Ken Arok dan benteng Malang (kini Rumah Sakit Umum Daerah dr Sjaiful Anwar). Setelah anda puas mengujungi museum ini, anda juga bisa berkunjung ke Inggil Resto yang tempatnya tak jauh dari museum ini jika anda ingin menikmati kuliner dengan nuansa tempoe doeloe.

  1. Museum Angkut Malang

Museum Angkut merupakan museum tour malang di bawah naungan Jawa Timur Park Groupyakni perusahaan pengembang yang mendirikan Jatim Park I dan jatim park II, Batu Secret Zoo dan juga tempat wisata populer lainnya.  Selain mendapatkan informasi tentang perkembangan transportasi di dunia, Anda yang memiliki hobi fotografi bisa juga memuaskan hobi Anda di museum ini. Berbagai landmark buatan tentunya bisa menjadi background foto yang menarik. Museum Angkut juga seringkali dijadikan sebagai lokasi kompetisi modifikasi mobil, event komunitas, pameran sampai pengambilan gambar video klip dan foto prewedding.

Dengan luas 3,7 hektar, tempat wisata ini dibagi menjadi beberapa zona yang dilengkapi juga dengan beragam landmark dan ornamen khas setiap zona. Beberapa  zona yang ada di Museum Angkut yaitu Zona Edukasi, Zona Jepang, Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona Hollywood, Zona Uni Eropa dan Zona Gangster & Broadway.

Itu tadi beberapa museum yang bisa anda kunjungi saat melakukan malang tour. Saat ini di Malang sudah ada banyak penyedia paket wisata yang memudahkan anda untuk berwisata. Banyak yang memberikan fasilitas yang lengkap untuk membuat wisata anda menjadi lebih nyaman dan juga menyenagkan. Selamat berlibur!

Museum Unik di Malang yang Harus Anda Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
14 − 6 =