paket bus wisata jogja

Di deretan pantai-pantai di Gunung Kidul, Pantai Baron merupakan pantai yang ada di ujung barat kabupaten ini dan di ujung timurnya terdapat sebuah pantai yang tidak indah dan unik yaitu Pantai Sadeng. Pantai ini merupakan merupakan pantai paling timur dari deretan pantai di pesisir selatan Yogyakarta. Setelah Pantai Sadeng maka akan bersambung ke pantai-pantai lainnya di kawasan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah hingga Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang masih menjadi bagian dari kawasan Pegunungan Sewu.

Sama seperti pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, Pantai Sadeng juga memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Daya tarik pertama dari pantai ini ada sebelum pengunjung tiba di kawasan pantai yaitu beberapa km sebelum tiba di perjalanan wisatawan bisa menyaksikan bekas aliran Sungai Bengawan Solo yang dulu pernah mengalir dan bermuara di Pantai Sadeng. Bekas aliran sungai ini dapat disaksikan sepanjang beberapa ratus meter. Aliran Sungai Bengawan Solo berubah arah akibat dari lempeng Australia yang menghujam ke bawah Pulau Jawa jutaan tahun yang lalu sehingga menyebabkan pulau ini terangkat dan Sungai Bengawan Solo pun berubah arah dan menjadi mengalir ke arah utara hingga saat ini.

Sekarang bekas aliran sungai ini digunakan masyarakat sekitar untuk bercocok tanam dengan menanam berbagai palawija. Kawasan ini juga menjadi tempat penelitian oleh para mahasiswa dan juga peneliti yang ingin mencari rahasia dari aliran ini. Selain pemandangan bekas aliran sungai, wisatawan juga bisa melihat pemandangan khas Gunung Kidul berupa bukit-bukit kapur yang berjejer di sepanjang jalan lengkap dengan pepohonan yang hijau

Setibanya di kawasan pantai, pengunjung dapat menikmati memandangan alam berupa pantai dengan karang di kedua sisinya. Ada juga perkampungan nelayan yang berdiri di kawasan pantai ini. Pantai Sadeng merupakan pantai yang cukup sibuk karena merupakan pantai nelayan lengkap dengan tempat pelelangan ikan dan tempat menepinya kapal-kapal nelayan tradisonal yang telah selesai melaut. Kawasan ini terdapat pelabuhan perikanan yang cukup maju karena selain kapal tradisonal terdapat pula kapal-kapal modern yang ada di pelabuhan ini. Tempat pelelangan ikan, pondok-pondok bagi para nelayan dan juga terminal tempat pengisian bahan bakar juga tersedia di sini.

Tidak hanya menyaksikan berbagai macam aktivitas nelayan, pengujung  dapat menikmati keindahan pasir putih yang ada di timur pantai. Mereka dapat menikmati lembutnya pantai putih serta menyaksikan deburan ombak samudera. Paket bus wisata jogja ke Pantai Sadeng bisa menjadi paket tour murah di Jogja.

Lokasi Pantai Sadeng:

Pantai sadeng berada cukup jauh dari Kota Jogja. Diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan mengunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi ini dari pusat kota. Bagi yang ingin ke lokasi ini bisa sewa bus di Jogja.

Tip Wisata Pantai Sadeng:

  1. Bawa baju yang nyaman untuk kegiatan di pantai.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman untuk berjalan di pasir.
  3. Gunakan penutup kepala untuk melindungi dari teriknya matahari.
  4. Jangan lupa membawa bawa air mineral.
  5. Jaga kebersihan.
Serunya Perjalanan Menuju Pantai Sadeng, Pantai Paling Timur Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
27 − 25 =