cloud computing
cloud provider

Cloud computing tidak hanya memiliki berbagai jenis layanan dengan nama-nama yang khusus, namun teknologi ini juga memiliki beberapa istilah antara lain public cloud, private cloud dan hybrid cloud. Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal Public Cloud, Private Cloud dan Hybrid Cloud

  • Public cloud, merupakan layanan yang ditujukkan untuk penggunaan umum. Layanan ini bisa langsung digunakan oleh masyarakat umum tanpa harus mendaftar terlebih dahulu atau pun dengan mendaftar terlebih dahulu. Selain itu, layanan ini juga diberikan secara gratis untuk diakses oleh masyarakat luas. Namun, terdapat beberapa layanan yang berbayar seperti Windows Azurem Amazon EC2, dan lainnya. Layanan public cloud yang dapat diakses secara gratis antara lain email, facebook, twitter, windows live, dan sebagainya. Layanan-layanan tersebut memudahkan masyakarat umum ketika ingin mengaksesnya untuk beberapa kebutuhan. Namun Anda harus memperhatikan service level dari provider cloud dari layanan publik semacam ini karena tidak semua penyedia akan menjamin keamanan data.
  • Private cloud, tidak seperti public cloud yang ditujukkan untuk pengguna umum, private cloud ini lebih menyasar kebutuhan internal dalam sebuah perusahaan atau pun organisasi tertentu. Penyedia dari layanan ini adalah departemen IT yang memiliki tanggung jawab penuh dalam melancarkan segala akses dari private cloud ini. Contoh layanan yang termasuk private cloud asalah SaaS, PaaS, dan IaaS. Apabila Anda menggunakan layanan ini maka keamanan data akan lebih terjamin karena Anda sendiri yang mengelolanya. Selain itu, Anda bisa menghemat bandwith inetrnet karena layanan ini bisa Anda akses dari jaringan internal. Namun, kekurangan dari layanan ini adalah Anda harus melakukan investasi yang besar karena segala infrastruktur disiapkan segalanya oleh Anda sendiri.
  • Hybrid cloud. Sebagai penengah antara layanan public cloud dan layanan private cloud maka hadirlah hybrid cloud. Layanan ini menggabungkan dua layanan tersebut sehingga Anda bisa memilih bisnis mana yang bisa dipindah ke public cloud dan mana yang bisa dipindah ke private cloud. Keuntungan dari layanan ini adalah keamanan data akan lebih terjamin karena berada di bawah tanggung jawab Anda langsung. Selain itu, Anda memiliki keleluasaan dalam menjalankan dan mengatur bisnis Anda. Kerugian dari hybrid cloud ini adalah Anda harus mempersiapkan infrastruktur internet dengan matang dan sebaik mungkin agar integritas antara private cloud dan public cloud bisa terjaga dengan baik.
Tiga Istilah Khusus dalam Teknologi Cloud Computing
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
32 ⁄ 16 =