Orang tua manapun tentunya ingin sekali anaknya mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik. Pendidikan merupakan “investasi” dalam jangka panjang untuk kesuksesan anak disaat dia sudah menjadi dewasa. Oleh karena itu orang tua tidak akan sembarangan dalam menyekolahkan anaknya, terutama dalam memilih sekolah.

Tips Memilih Sekolah SD Untuk Anak

Mengeluarkan biaya yang mahal tidak masalah bagi orang tua, asal anaknya bisa mendapat pendidikan yang terbaik. Namun apa bunda sudah tau bagaimana cara yang tepat untuk memilih sekolah yang terbaik untuk anak ? Apakah sekolah dengan biaya yang mahal merupakan pilihan paling tepat ?

Menurut Seto Mulyadi (kak Seto) seorang psikolog sekaligus pengamat pendidikan anak, ada 5 kriteria yang bisa dijadikan prang tua dalam memilihkan sekolah untuk anak tercinta. Berikut ke 5 kriteria yang dimaksud.

Visi dan Misi Sekolah
Untuk melihat kurikulum yang digunakan sekolah, bunda bisa melihatnya dari visi dan misi yang dijalankan oleh sekolah. Pilihlah sekolah yang visi dan misinya sesuai dengan harapan orang tua.

Tenaga Pengajar
Sekolah yang bagus umumnya memiliki tenaga pengajar (guru) yang bagus pula. Guru adalah ujung tombak yang menentukan anak bisa belajar dengan baik atau tidak. Bila guru pandai mengambil hati, maka anak didiknya akan senang belajar di sekolah tersebut.

Kondisi dan Lingkungan Sekolah
Perhatikan lingkungan serta kondisi di sekitar sekolah, bila lingkungan sekitar sekolah terlihat kotor dan kumuh sebaiknya jangan dipilih. Hal ini menyangkut kesehatan anak. Perhatikan pula prasarana yang dimiliki sekolah, prasarana yang dimiliki cukup atau tidak untuk digunakan dalam belajar-mengajar.

Keamanan Sekolah
Bunda sebaiknya memilih sekolahan untuk anak yang memiliki satpam. Selain berguna untuk keamanan sekolah, satpam juga berperan membantu anak atau orang tua menyebrang jalan. Seorang satpam yang profesional bisanya membawa handy talkie dari Bofeng yang berguna untuk meminta bantuan saat terjadi hal yang tak di inginkan. Sebelum membeli sebaiknya cek dulu daftar harga ht baofeng terbaru.

Jarak Sekolah Dari Rumah
Pilihlah sekolahan yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumah. Perjalanan yang terlalu jauh menuju sekolah biasanya membuat anak lelah dan semangat belajarnya bisa berkurang. Dengan memilih sekolahan yang dekat dari rumah, bunda tidak perlu mengeluarkan uang transportasi harian.

Selain mempertimbangkan 5 faktor diatas, minad anak juga harus dipertimbangkan ya bun. Kalau dipaksa sekolah ditempat yang tidak diminati anak, minad anak untuk belajar malah tidak ada dan bunda sendiri yang rugi.

Tips Memilih Sekolah SD Untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
14 ⁄ 7 =