5 Mitos di dunia kesehatan yang terbukti benar –  Opini, mitos, kepercayaan zaman dahulu memang tak ada habisnya dan terus berkembang di masyarakat. Terkadang kita mempercayai sesuatu tanpa tahu alasannya dan sebagainya. Mitos yang paling banyak berkembang adalah mitos di seputan dunia kesehatan. Anda tentu pernah mendengar bahwa cegukan bisa dihentikan dengan cara membuat orang yang bersangkutan kaget.

Top 5 Mitos di Dunia Kesehatan yang Terbukti Benar

Selain itu mungkin Anda juga pernah mendengar mengenai memencet jerawat dapat memicu munculnya jerawat baru. Kalimat-kalimat yang seperti ini sudah saya dengar sejak saya kecil. Siapa sangka ternyata itu adalah fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Berikut top 5 mitos di dunia kesehatan yang terbukti benar.

  1. Kaget Menghentikan Cegukan

Mitos pertama yang terbukti benar adalah kaget dapat menghentikan cegukan. Cegukan disebabkan oleh tersangkutnya otot diafragma dan saraf yang mengontrolnya di sistem reflek. Cegukan sebenarnya bisa berhenti dengan sendirinya namun jika Anda kaget, maka hal ini dapat memicu berhentinya cegukan karena saraf diafragma tadi mengubah sinyal untuk cegukan menjadi kaget.

  1. Memecet Jerawat Memicu Jerawat Lainnya

Wow, ini fakta, lho. Banyak penjelasan ilmiah yang telah menjelaskan alasannya. Pertama, memencet jerawat dengan kuku sama saja dengan memindahkan kuman dan bakteri yang ada di kuku ke wajah Anda. Kedua, memencet jerawat dapat menyebarkan minyak dan kuman dari satu jerawat itu ke pori-pori lain dan akhirnya pori-pori lain juga tersumbat oleh kuman dan menyebabkan jerawat.

  1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang Mengakibatkan Rontok

Kalau yang satu ini sudah saya alami sendiri. Benar-benar fakta. Hal ini dikarenakan ikatan yang terlalu kencang tersebut secara otomatis menarik kulit kepala serta akar rambut yang kemudian memicu kerontokan dan rambut rapuh.

  1. Mengucek Mata Menyebabkan Keriput

Mengucek mata ternyata dapat menyebabkan keriput karena tertariknya kulit halus di sekitar mata akibat gesekan jari tangan. Hal ini menyebabkan keriput di sekitar mata. Selain itu, mengucek mata dapat menyebabkan penyakit pada mata Anda.

  1. Kondisioner Dapat Beralih Fungsi Menjadi Shampoo

Terdengar agak konyol memang, namun faktanya berkata seperti itu. Kondisioner juga mengandung unsure surfaktan yaitu sebuah senyawa yang dapat membuat busa, sama halnya dengan shampoo. Walaupun kandungannya juga memiliki minyak berlebih.

Itulah top 5 mitos di dunia kesehatan yang terbukti benar. Di sini kita bisa belajar untuk tidak menyepelekan sebuah opini dan juga tidak terlalu bertuhan dengan opini sebelum kita tahu kebenarannya.

Top 5 Mitos di Dunia Kesehatan yang Terbukti Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
6 + 1 =